Buka jam 08:00 s/d 17:00 sabtu minggu libur Jl. Sriwijaya 7 No 4, Cigereleng, Bandung
022-42822903
0888-0940-5238
0888-0940-5238
D17C674c
kjb.team@gmail.com
Menu

Pentingnya Training dan Seminar bagi Karyawan

Jumat, Oktober 14th 2016.

desain logo KONVEKSI VENDOR BANDUNG

 

Pentingnya Training dan Seminar bagi Karyawan di Setiap Perusahaan dan Instansi.

Perusahaan adalah sebuah organisasi yang dijalankan oleh banyak orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam mencapai tujuan ini, setiap anggota organisasi harus memahami dengan baik tugas serta perannya di dalam perusahaan. Biasanya orientasi mengenai tugas dan peran seorang karyawan akan disampaikan pada saat training atau rekrutmen karyawan baru. Dalam fase training ini, calon karyawan akan mendapatkan pemahaman dan penjelasan mengenai tujuan perusahaan serta dijelaskan juga mengenai peranan dan tugas si calon karyawan tersebut untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan. Namun seiring berjalannya waktu, biasanya performa karyawan akan menurun.

Oleh karena itu perusahaan akan membutuhkan apa yang dinamakan dengan training SDM. Training karyawan atau sumber daya manusia memiliki tujuan untuk memperbaiki performa dari seorang atau sekelompok karyawan di sebuah perusahaan.

Seminar Bandung – Produsen – Konveksi tas

Training SDM merupakan hal yang penting dan harus dilakukan secara berkala sebab pelatihan ini sangatlah penting untuk menunjang kelangsungan perusahaan. Dalam sebuah pelatihan SDM, karyawan akan bisa meningkatkan kemampuan kerjanya sekaligus menggalo potensinya sehingga bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Selain itu pelatihan Sumber Daya Manusia juga sangat penting untuk mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju dimana persaingan semakin ketat. Untuk mempersiapkan karyawan di sebuah perusahaan agar mampu menjawab berbagai tantangan baru tersebut, maka diperlukan sebuah pelatihan SDM.

Secara umum, ada tiga jenis pelatihan SDM yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dan skill karyawannya, diantaranya adalah:

  1. Training pembekalan

Training yang satu ini biasanya dilaksanakan ketika seorang karyawan baru saja bergabung dengan perusahaan. Training pembekalan ini meliputi pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap calon karyawan agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja barunya serta bisa menempatkan diri di perusahaan sesuai dengan peranan, posisi, dan tugasnya. Training SDM pembekalan ini masih bersifat umum meliputi manajemen dasar, peraturan dasar perusahaan, tugas, dan peranan para calon karyawan di perusahaan nantinya.

  1. Training pendidikan untuk pengembangan

Pendidikan untuk pengembangan merupakan jenis training kelas menengah yang biasanya diberikan kepada para pekerja yang akan atau sudah dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi. Training yang satu ini dimaksudkan untuk mencetak para tenaga manajerial handal yang kelak bisa memimpin perusahaan menuju kesuksesan. Biasanya hanya para karyawan yang dianggap memiliki potensi saja yang bisa mendapatkan Training SDM yang satu ini.

  1. Training pendidikan aplikasi

Training SDM yang satu ini memiliki tujuan untuk mendukung seorang karyawan dalam melaksanakan fungsinya di sebuah posisi jabatan tertentu. Biasanya pelatihan ini dilaksanakan dengan metode in house training termasuk di dalamnya adalah workshop, seminar, hingga benchmarking sebuah profil perusahaan yang sukses atau potensial. Training yang satu ini dapat meningkatkan semangat kerja dari karyawan serta dapat memberikan gambaran luas mengenai perusahaan lain yang sudah sukses dalam bidang yang serupa. Di dalam pelatihan ini pesertanya akan mendapatkan berbagai strategi baru, tips, hingga trik – trik bagaimana memenangkan persaingan sekaligus bagaimana bekerja dengan lebih maksimal demi kepentingan perusahaan.

     4. Merancang Program Pelatihan

Untuk merancang dan mendesain sebuah Training SDM tidaklah mudah, ada beberapa tahapan yang harus dilalui  agar training atau pelatihan tersebut bisa dikatakan berhasil atau sukses. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendesain sebuah program pelatihan sumber daya manusia:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kebutuhan pelatihan yang diperlukan oleh perusahaan. Sebuah pelatihan hanya akan berhasil jika pesertanya telah siap dalam menerima training. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apakah perlu dilakukan training atau tidak serta menentukan jenis training apa yang harus dilaksanakan.
  2. Setelah mengetahui training apa yang dibutuhkan. Maka langkah selanjutnya adalah dengan mendesain program pelatihan. Mendesain program pelatihan ini tidak bisa sembarangan sebab anda harus memahami apa tujuan yang hendak dicapai. Ketika mendesain sebuah program pelatihan, maka sebelumnya tentukan dahulu sasaran dan tujuan yang ingin dicapai agar proses training bisa berjalan dengan lebih efektif.
  3. Setelah proses perancangan training, tahap terakhir adalah tahap evaluasi hasil training. Pada tahap ini anda harus mengkaji apakah training yang dilaksanakan bisa membawa pengaruh atau peruhbahan yang signifikan terhadap para karyawan. dalam tahap ini juga dapat diketahui apakah training yang telah dilaksanakan telah benar – benar mencapai target atau sasaran yang ditentukan sebelumnya.

Seminar Bandung – Produsen – Konveksi tas

Training SDM sangat penting bari semua perusahaan karena berhubungan langsung dengan produktifitas serta kinerja karyawan.

Jika anda menginginkan hasil training yang lebih maksimal, maka anda bisa menyerahkan segala urusan training kepada lembaga – lembaga yang sudah terpercaya dan berpengalaman dalam mengadakan training karyawan. Lembaga ini biasanya sanggup menyediakan pelatih – pelatih professional yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya.

Sumber: http://infopelatihanmanajemen.com

Best Seller
Rp 90.000
Best Seller
Rp 90.000
Best Seller
Rp 90.000
New
Rp 90.000
Best Seller
Rp 90.000
Rp 3.000